Selasa, 01 Februari 2011

perangkat seni budaya smp



             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-1)


MATA PELAJARAN     : SENI BUDAYA (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER      :VII/1
ALOKASI WAKTU       : 2 X 40 MENIT ( DUA X PERTEMUAN )
Standart Kompetensi       : 1.Memgapresiasi karya SENI RUPA
Kompetensi Dasar            : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya SENI RUPA terapan daerah
                                                        setempat                                                                                                                                                                      
Indikator                          : * Mendiskripsikan beragam jenis , bentuk dan tehnik
                                              Pembuatan karya SENI RUPA tradisional daerah setempat
                                           * Mendiskripsikan beragam fungsi dan makna pada karya seni
                                              rupa tradisional setempat
                                           * Membuat tanggapan tertulis tentang karya SENI RUPA
                                               tradisional daerah setempat

I.Tujuan Pembelajaran :                                                                                                                 

   Siswa mampu :
  1. Membedakan karya SENI RUPA tradisionaldari  daerah setempat
  2. Menyebutkan  beragam fungsi dan makna karya SENI RUPA daerah setempat
  3. Memberikan kesimpulan dari berbagai karya SENI RUPA daerah setempat yang diperlihatkan

II. Materi Ajar  : Karya SENI RUPA terapan yang berasal dari daerah setempat

III. Metode Pembelajaran : Pendekatan CTL ( Contectual Teaching and Learning )dan
                                            Life Skill

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :

  1. Kegiatan Awal :
a. Memotivasi   : Memberikan informasi tentang SENI RUPA terapan daerah Jawa
                            tengah
b. Apersepsi      : Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa     
                                        mengenai materi yang akan disajikan.
     
      B.  Kegiatan Inti   :
           Pertemuan 1
·         Melihat karya SENI RUPA terapan  daerah Jawa tengah melalui vcd/gambar/potret
·         Mendiskusikan cirri-ciri dan unsur budaya dari SENI RUPA terapan daerah Jawa Tengah
           Pertemuan 2
·         Melakukan tanya jawab tentang keramik atau gerabah
·         Memberikan tanggapan pribadi secara lisan dan tertulis tentang keramik berupa vas bunga
 
      C. Kegiatan Akhir :
           * Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
           * Menyimpulkan materi pembelajaran


V. Alat/ Bahan / Sumber Belajar : Buku teks, Keramik /Gerabah dari daerah Jawa Tengah
                                                        VCD/ CD / Gambar

VI. Penilaian :

      Tehnik                               : Tes tertulis Instrumen
     
       Bentuk Instrumen            : Tes uraian

       Instrumen                         :

       Lihatlah berbagai gambar gerabah berikut !
1  Berasal dari manakah keramik tersebut ?
2.Tuliskan salah satu cirri khas keramik berupa vas bunga tersebut !
3.Sebutkan alat  yang digunakan untuk membuat keramik  tersebut !
4.Sebutkan fungsi sosial dari keramik yang telah anda lihat !

KUNCI JAWABAN :
N0.       KUNCI JAWABAN                                                 SCORE           TARGET
1.          Berasal dari Jawa Tengah                                              10                      7
2.          Ciri kas keramik tersebut : terletak pada metode
             pembuatan,warna,bentuk                                               30                     20
3.          Antara lain : seperangkat meja putar,tungku                 10                      8
4.          Keramik tersebut merupakan keramik daerah Jawa
             Tengah dan merupakan benda pakai                              50                     50

Keterangan :

- KKM       :     66







                       Mengetahui                             
                       Kepala
                                                                        Guru Mata Pelajaran 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar