Minggu, 16 Januari 2011

ptk jerman

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA JERMAN

AUSZUG

Dewi, Elia Puspa. Die Anwendung der Lernaktivität und Die Bewertungsprozess der  Team Teachingstrategie an der Deutsch 2 im gerade Semester 2007/2008. Diplomarbeit, Deutschabteilung, Literaturwissenschaftliche Fakultät der Staatlichen Universität Malang.
Betreuerin: Dra. Sawitri Retnantiti, M. Pd

Schlüsselwörter: Team Teaching, Deutsch 2

Team teaching ist eine Lehrstrategie, die aus wenigstens zwei Dozenten besteht. Die Dozenten plannen, unterrichten, und bewerten Unterichtsaktivität in einer Klasse. Team teachingstrategie ist schon an der Universität angewandt wird. Diese Strategie wird auch in Deutsch 2 an der Literaturwissenschaftliche Fakultät der Staatlichen Universität Malang angewandt. Deutsch 2 ist ein Basis der deutschen Vorlesung die aus vier Sprachfertigkeiten besteht. Die Fertigkeiten sind Hörverstehen, Sprechen, Schriftliche Ausdruck, und Leseverstehen. Diese Vorlesung wird im gerade Semester durchgefürt. Auf dieser Grund untersucht die Verfasserin Die Anwendung der Lernaktivität und die Bewertungsprozess der  Team Teachingstrategie an der Deutsch 2.
Das Untersuchungsziel beschreiben die Anwendung der Lernaktivität und die Bewertungsprozess der Team Teachingstrategie an der Deutsch 2, und auch das Lernergebnis der StudentInnen.
Diese Untersuchung ist eine deskriptive Methode. Die Daten sind die Beobachtungsergebnis, Befragungsergebnis, und die Dokumentation der Deutsch 2  Lernergebnis der StidentInnen im gerade Semester 2007/2008. 
Das Ergebnis dieser Untersuchung zeigt, dass die Anwendung der Lernaktivität der  Team Teachingstrategie mit zwei Dozenten effektiver als mit vier Dozenten ist. Es gibt aber ein Problem, das von dem Dozentsteam erfahren wird. Wegen der wenige Zeit zwischen der Unterrichtstunde der zwei Dozenten in einem Team können sie nicht die vorherige und die nächste Materialien gut besprechen. Die Bewertungsprozess, die aus kognitif, afektif, und psikomotor aspekte besteht, wird von dem Dozentsteam benutzt. Deutsch 2 Lernergebnis (Mittsemestertest und Endsemestertest) den StudentInnen zeigt, dass die Note des Endsemestertest besser als Mittsemestertest. Das bedeutet die Anwendung der Team Teachingstrategie an der Deutsch 2 wird gut gemacht.
Nach dem Untersuchungsergebnis hat die Verfasserin Vorschläge für die Team Teachingsdozen und die Deutschabteilung.  Die Team Teachingsdozenten sollen die Methode varieren. Die Deutschabteilung sollte der Zeitplan des Dozentsteam verbesseren. Der Zeitplan des Dozentsteam sollte nicht in einer Reihe konstruieren, damit das Dozentsteam gute besprechung machen können.
TAHU NGGAK ARTINYA....? TANYA PADA MBAK DEWI YANG NULIS (SORRY MBAK SAYA UPLOAD)
NIIIIII......CHHHH  ARTINYA
ABSTRAK

Dewi, Elia Puspa. Implementasi Kegiatan Belajar Mengajar dan Penilaian dengan Strategi Team Teaching pada Mata Kuliah Deutsch 2 Semester Genap 2007/2008. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: Dra. Sawitri Retnantiti, M. Pd

Kata Kunci: Team Teaching, Deutsch 2

Team teaching adalah strategi pengajaran yang melibatkan sedikitnya dua orang guru atau dosen dalam merencanakan, menginstruksikan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran pada suatu kelas. Strategi team teaching telah banyak diterapkan pada institusi- institusi pendidikan termasuk di universitas.  Pada pelaksanaan mata kuliah Deutsch 2 Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang juga menggunakan strategi team teaching. Mata kuliah Deutsch 2 merupakan mata kuliah dasar berbahasa Jerman yang di dalamnya terdapat penguasaan keterampilan berbahasa Jerman seperti mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dan disajikan pada semester genap 2007/2008 serta memiliki delapan sks. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tentang implementasi strategi team teaching pada mata kuliah Deutsch 2.  
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan belajar mengajar dan penilaian dalam proses belajar mengajar dengan strategi team teaching. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Deutsch 2 tahun akademik 2007/2008.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Data diambil melalui observasi, wawancara dengan tim dosen pembina mata kuliah Deutsch 2, dan hasil dokumentasi nilai UTS dan UAS mahasiswa pada mata kuliah Deutsch 2 tahun akademik 2007/2008.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, implementasi strategi team teaching pada mata kuliah Deutsch 2 tahun akademik 2007/2008 sudah berjalan lebih efektif dengan dua dosen daripada empat dosen. Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat kendala yang dialami oleh dosen tim yaitu tidak ada waktu untuk berkoordinasi dalam melanjutkan materi yang akan diajarkan. Penilaian dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh dosen adalah berkenaan dengan tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Dari hasil belajar mahasiswa, nilai UAS mengalami peningkatan dibandingkan dengan nilai UTS pada mata kuliah Deutsch 2. Hal ini berarti strategi team teaching yang dilakukan dalam proses belajar mengajar pada semester genap 2007/2008 berjalan baik.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat memberikan saran kepada dosen team teaching dan untuk Jurusan Sastra Jerman. Saran bagi dosen team teaching adalah dalam implementasinya, sebaiknya dosen menggunakan metode pengajaran yang bervariasi. Saran bagi Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang adalah sebaiknya jadwal mengajar antar dosen tim pembina mata kuliah Deutsch 2 tidak disusun berurutan dan ada jeda waktu yang cukup sehingga dosen tim pembina mata kuliah Deutsch 2 dapat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar