Selasa, 01 Februari 2011

perangkat kbm seni budaya, seni rupa


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-2)


MATA PELAJARAN     : SENI BUDAYA (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER      :VII/1
ALOKASI WAKTU       : 2 X 40 MENIT ( DUA X PERTEMUAN )
Standart Kompetensi       : 1.Memgapresiasi karya SENI RUPA
Kompetensi Dasar            : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan
                                                 Tehnik karya SENI RUPA terapan daerah setempat
                                                                                                                                                                                                              
Indikator                          : * Mendiskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada           
                                               Keunikan karya SENI RUPA tradisional daerah setempat
I.Tujuan Pembelajaran :                                                                                                                 

   Siswa mampu :
1   Membedakan beragam karya SENI RUPA tradisionaldari  daerah setempat
2   Menyebutkan  beragam fungsi dan makna karya SENI RUPA daerah setempat
3   Memberikan kesimpulan dari berbagai karya SENI RUPA daerah setempat yang       
diperlihatkan
II. Materi Ajar  : Karya SENI RUPA terapan yang berasal dari daerah setempat

III. Metode Pembelajaran : Pendekatan CTL ( Contectual Teaching and Learning )dan
                                            Life Skill

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :

A  Kegiatan Awal :
a. Memotivasi   : Memberikan informasi tentang SENI RUPA terapan daerah Jawa
                            tengah
b. Apersepsi      : Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa     
                                        mengenai materi yang akan disajikan.
     
      B.  Kegiatan Inti   :
           Pertemuan 1
·         Melihat karya SENI RUPA terapan  daerah Jawa tengah melalui vcd/gambar/potret
·         Mendiskusikan cirri-ciri dan unsur budaya dari SENI RUPA terapan daerah Jawa Tengah
           Pertemuan 2
·         Melakukan tanya jawab tentang keramik atau gerabah
·         Memberikan tanggapan pribadi secara lisan dan tertulis tentang vas bunga, kendi, guci, porong, gelas
      C. Kegiatan Akhir :
           * Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
           * Menyimpulkan materi pembelajaran


V. Alat/ Bahan / Sumber Belajar : Buku teks, Keramik /Gerabah dari daerah Jawa Tengah
                                                        VCD/ CD / Gambar

VI. Penilaian :

      Tehnik                               : Tes tertulis Instrumen
     
       Bentuk Instrumen            : Tes uraian

     
 Instrumen                               :
       Lihatlah berbagai gerabah dan keramik berikut !
1  Berasal dari manakah keramik tersebut ?
2.Tuliskan salah satu cirri khas keramik berupa vas bunga tersebut !
3.Sebutkan alat  yang digunakan untuk membuat keramik  tersebut !
4.Sebutkan fungsi sosial dari keramik yang telah anda lihat !

KUNCI JAWABAN :
N0.       KUNCI JAWABAN                                                 SCORE           TARGET
1.          Berasal dari Jawa Tengah                                              10                      7
2.          Ciri kas keramik tersebut : terletak pada metode
             pembuatan,warna,bentuk                                               30                     20
3.          Antara lain : seperangkat meja putar,tungku                 10                      8
4.          Keramik tersebut merupakan keramik daerah Jawa
             Tengah dan merupakan benda pakai                              50                     50

Keterangan :

- KKM       :     67





Tidak ada komentar:

Posting Komentar