Selasa, 01 Februari 2011

rpp seni budaya seni rupa



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-7 )
MATA PELAJARAN            : SENI BUDAYA (SENI RUPA )
KELAS/SEMESTER             :VII/2
ALOKASI WAKTU              :2 X 40 MENIT ( DUA X PERTEMUAN )
Standart Kompetensi              : 9.Memgapresiasi karya SENI RUPA
Kompetensi Dasar                   : 9.1 Mengidentifikasi jenis karya SENI RUPA terapan daerah    
                                                       setempat
Indikator                                 : * Menyebutkan macam-macam karya SENI RUPA terapan      
                                                      Daerah setempat
                                                   * Mendiskripsikan karya SENI RUPA terapan, tehnik
                                                      pembuatan keramik/gerabah

I.Tujuan Pembelajaran :                                                                                                                  
   Siswa mampu :
       1. Mengidentifikasi karya SENI RUPA terapan daerah setempat yang dilihat
       2. Membedakan daerah asal keramik /gerabah yang dilihat
       3. Memahami tehnik dan proses pembuatan keramik /gerabah

II. Materi Ajar  : Keramik /gerabah yang berasal dari daerah Jawa Tengah

III. Metode Pembelajaran : Pendekatan CTL ( Contectual Teaching and Learning )dan
                                            Life Skill, Model

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :

  1. Kegiatan Awal :
a. Memotivasi   : Memberikan informasi tentang keramik/gerabah daerah Jawa
                            tengah
b. Apersepsi      : Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa     
                                        mengenai materi yang akan disajikan.
     
      B.  Kegiatan Inti   :
           Pertemuan 1
·         Mengidentifikasi karya SENI RUPA terapan daerah Jawa Tengah
·         Mendiskusikan cirri-ciri dan unsur budaya dalam karya keramik Jawa Tengah
          Pertemuan 2
·         Melakukan tanya jawab tentang keramik berupa pot
·         Memberikan tanggapan pribadi secara lisan dan tertulis tentang berbagai karya keramik/gerabah vas bunga, asbak, pot
 
      C. Kegiatan Akhir :
           * Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
           * Menyimpulkan materi pembelajaran


V. Alat/ Bahan / Sumber Belajar : Buku teks, gerabah/keranik daerah Jawa Tengah,
                                                        VCD/ CD / Kaset

VI. Penilaian :

      Tehnik                               : Tes tertulis Instrumen
     
       Bentuk Instrumen            : Tes uraian

       Instrumen                         :

       Amatilah karya keramik/gerabah  berikut ini !
 1.Berasal dari manakah gerabah  tersebut ?
       2.Tuliskan salah satu cirri khas gerabah / keramik dari Jawa tengah !
3.Sebutkan alat  yang digunakan untuk membuat gerabah/keramik tersebut !
4.Sebutkan fungsi social darigerabah/keramik yang telah anda lihat!

KUNCI JAWABAN :
N0.       KUNCI JAWABAN                                                 SCORE           TARGET
1.          Berasal dari Jawa Tengah                                              10                      7
2.          Ciri kas gerabah/keramik tersebut : terletak pada
             bentuk,bahan dan motif hiasan                                      30                     20
3.          Antara lain : seperangkat alat cetakan                           10                      8
4.          Gerabah/keramik tersebut selain digunakan
              untuk hiasan juga memenuhi kebutuhan                       50                     50

Keterangan :

- KKM       :         67





Tidak ada komentar:

Posting Komentar