Senin, 29 November 2010

menjaga eksistensi javanese 1


MENJAGA EKSISTENSI JAVANESE



ABSTRAK
Arus moderenitas yaitu globalisasi dan demokratisasi bisa menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi eksistensi dari setiap tradisi dan budaya yang ada.Menakutkan apabila kita tidak bisa memanfaatkan dari arus tersebut menjadi hal yang berguna, tetapi dilain pihak dapat menjadi hal yang sangat efektif untuk mereklamekan dan akhirnya dapat menglobalkan kebudayaan dan tradisi local tersebut.



Setiap individu, kelompok tidak lepas dari sebuah gesekan globalisasi tersebut begitu deras menerpa, Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri untuk bisa bertahan di dunia modern ini.Keberadaan dari kebudayaan dan tradisi local tersebut menjadi sebuah tangung jawab dari setiap individu masing - masing yang ada didalam budayanya sendiri-sendiri..Tidak bisa dihindari dan ditangguhkan bahwa demokratisasi dan globalisasi  merupakan sebuah tantangan bagi yang ada didalamnya..Hal tersebut merupakan suatu situasi yang dapat membuat segala sesuatu maju,dan berkembang ataupun bisa sebaliknya.
               Demokratisasi, bukan lagi menjadi hal yang aneh di masyarakat kita,…keseringan kita untuk bebas berpendapat, berbicara, dan ber ekspresi merupakan hal yang telah menyatu di setiap unsur di masyarakat kita.
Demikian eksistensi javanese , tidak luput dari sebuah gesekan arus globalisasi dan demokratisasi.
                Efek-efek Dari hal - hal diatas bisa dikatakan ada hal positif dan negative sifatnya , hal positif dan hal negative dari gesekan hal diatas merupakan konsekwensi logis dari setiap hal-hal yang berada di dalam.globalisasi dan demokratisasi  tersebut. Teknik menjaga eksistensi Javanese tersebut dibutuhkan dalam rangka pelestarian budaya dan tradisi yang ada didalamnya,
                 Penjagaan hal eksistensi tersebut dapat berupa usaha yang nyata, seperti dilakukan oleh Ki padmahsusastra: yaitu dengan karya-karyanya, atau juga bisa dengan berupa  aksi-aksi dari setiap pemimpin yang memiliki wewenang dalam mengelola daerahnya.demikian halya dengan penelitian-penelitian yang dilakukan memang di butuhkan Dari segi praktis studi ini dapat melestarikan atau sedikitnya mengabdikan seni pertunjukan  rakyat yang sedang mengalami kemusnahan. Seni yang telah terabaikan yang didalamnya mengandung cerita lama, dapat di kembangkan lebih lanjud,….sinkretisme jawa islam. Suripan sadi pratomo 2001. hal 03-04
Atau juga dengan cerminan-cerminan kehidupan sehari-hari yang bisa didapat dengan melakoni tradisi-tradisi yang masih tersisa dari  daerah  masing-masing. Karena keberadaan tradisi di masyarakat tersebut bisa menjadi cermin kepedulian kita teradap tradisi yang ada. Bisa juga sebagai tolak ukur dari sejauh mana kikisan dari  efek demokratisasi dan globalisasi yang sejalan beriringan dengan berputarnya roda kehidupan masyakat kita ini.
                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar